Tuesday 12 July 2016

Published 11:30 by with 0 comment

Sejarah Singkat Youtube

Kali ini saya masih membahas mengenai Youtube. Masih dengan satu alasan kenapa harus youtube karena situs ini sangat menarik bagi saya untuk berbagai informasi dengan menayangkan langsung kejadian atau peristiwa seolah olah kita melihat langsung atau ada didalam video tersebut. 
 
Ilustrasi
Oke saya tidak membahas kenapa harus youtube karena pada tulisan sebelumnya sudah dibahas. Tulisan lanjutan ini kan membahas mengenai sejarah singkat si youtube. Seperti pepatah tak kenal maka mari kenalan. Selai pepatah ada juga tapi ini keluar dari tokoh yang sangat terhorbat di bangsa ini bangsa indonesia. Kurang lebih bunyinya seperti ini “bangsa yang besar yaitu bangsa yang tidak lupa akan sejarahnya” itu kata-kata dari bapak Ir. Soekarno. Tapi menurut saya seorang youtuber yang besar yang hebat mereka tidak lupa dari mana asal muasal youtube. Anggap saja nyambung dan anggap saja kata-kata saya bijak.

Ternyata menurut beberapa penyelusuran yang saya lakukan di dunia maya. Maklum pas di dunia nyata saya tanya tetangga saya mereka bingung sejak kapan mas yusuf ganti nama menjadi youtube. Hehehe becanda nga usah tegang. Youtube ini idenya muncul saat tiga serangkai setelah makan  di suatu pesta. Al kisah om Hurley dan Chen mengalami kesulitan. Kesulitan ini dialami ketika mereka inginmembagi video pesta makan malam di sebuah apartemen milik chen. Tempat apartemenya perlu teman2 ketahui berada di San Fancisco.  Kenapa videonya ingin sekali dibagikan?. Penyelidikan saya semakin penasaran. Dan akhirnya penelusuran sejarah ini membuahkan hasil bahwa Karim sahabat sekaigus pendiri youtube ini tidak datang bahkan menolak  pesta yang diadakan di apartemen Chan. Ceritanya mereka yang hadir ingin pamer keseruan yang terjadi di pesta tersebut. Lewat yang dialami mereka dapat menemukan langkah yaitu dengan cara berbagi video lewat internet. Pada tahun 2005 pengunaan internet sudah mulai menjamur. Dan tercetuslah ide dengan cara membuat web berbagi.

Kantor pertama youtube terletak diatas sebuah pizzeria dan restoran jepang di San Mateo, California.

Pasti teman2 penasaran sebenarnya apa video pertama yang dipublikasikan.  Me at the Zoo merupakan judul video pertama kali yang diluncurkan oleh situs yang sekarang  sangat digemari semua kalangan. 

Dan akhirnya kesuksesan youtube masih menggema hingga sekarang ini.  Dan beberapa kali situs ini mendapatkan penghargaan. Salah satunya pada tahun 2008 yang lalu youtube mendapatkan penghargaan George Foster Peabody Award karena  ikut kerja sama dalam pengembangan dan kebebasan berpendapat. 

Inilah sedikit ringkasan sejarah youtube semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang jelas mohon dimanfaatkan karena kesempurnaan hanya milik tuhan tapi bukan milik perusahaan rokok .


      edit

0 comments:

Post a Comment